Sabtu, 08 Januari 2011

Hidayat Nurwahid Hadiri ICoIU di Ponpes Gontor

PONOROGO - Siang ini di Pondok Pesantren (PP) Isid Gontor Ponorogo digelar International Conference on Islamic Universities (ICoIU), atau konferensi internasional tentang universitas Islam.
Tak hanya itu, konferensi ini juga bakal dihadirisetidaknya 10 rektor dari Negara Anggota Liga Universitas Islam, seperti halnya Negara Pakistan, Turkey, Malaysia, Libya, Egypt, India, Australia, Saudi Arabia, Yemen, Kwait, Mesir, Syria serta Negara Qatar.

Sementara ketua panitia konferensi Amal Fathullah Zarkasyi, mengatakan seminar ini tak lain hanya untuk meningkatkan peranan Universitas Islam di Dunia. Menurutnya, saat ini universitas Islam di Dunia semakin banyak tapi dirasakan semakin berkurang, yakni disebabkan karena munculnya universitas-universitas yang berorientasi pada keilmuan barat yang hanya mengembangkan ilmu pengetahuan 'umum' yang terpisah dari agama.

''Universitas-universitas yang berlabel Islam saat ini hanya memfokuskan pada kajian ilmu-ilmu tradisional atau mementingkan kajian ilmu-ilmu umum yang didominasi oleh Negara Barat,'' jelasnya Minggu pagi (09/01/2011).

Tak hanya itu, dalam seminar yang diikuti sepuluh negara ini juga akan mencari format dan jaringan kerja sama antar universitas Islam dan universitas umum dalam berbagai bidang, khususnya dalam bidang keilmuan dan pembangunan masyarakat. Selain itu juga akan merintis kerjasama dan pengembangan ilmu-ilmu alam dan kemanusiaan pada universitas-universitas Islam dengan belajar dari universitas umum.

''Dengan adanya kegiatan semacam ini diharapkan bisa meningkatkan peran universitas Islam dalam berbagai bidang sehingga lebih bermanfaat untuk masyarakat dunia,'' terangnya.

''Selain dihadiri Mantan Ketua MPR Hidayat Nurwahid ICoIU juga akan dihadiri menteri Agama Suryadarma Ali, sekjen Liga Universitas Islam Dr. ja'far Abdusslam,'' imbuhnya. (beritajatim/MUH NURCHOLIS)

Tidak ada komentar: