Kamis, 20 Januari 2011

Puluhan Stan di Ponorogo Terbengkelai dan Hancur

Oleh : Muh Nurcholis | 20-Jan-2011, 04:01:58 WIB

KabarIndonesia Di pusat kota Ponorogo, Jawa Timur ternyata terdapat puluhan stan terbengkelai. Stan-stan yang terletak di jalan Seokarno Hatta gang III itu sudah bertahun-tahun tak ada yang menyewa.  Kini kondisinya sangat memprihatinkan, selain atapnya yang jebol, kesan kumuh juga menghiasi puluhan stan. Dari sedikitnya 25 stan itu, hanya ada empat yang disewa oleh para pedagang.

Selain jalan yang sangat sempit, stan yang dibangun di atas parit itu, juga sangat minim penerangan. Supomo, salah satu warga saat ditemui Rabu (19/1) mengatakan, stan yang dibangun oleh pemerintah daerah itu sekitar delapan tahun yang lalu, awalnya telah disewa semua oleh para pedagang. Namun, lambat laun, satu-persatu pedagang meninggalkan stan itu.  Para pedagang beralasan bahwa berjualan di tempat itu sangat sepi pembeli.

"Depan stan jalannya hanya sekitar dua meter saja, selain itu juga minim penerangan," terangnya.

Dia juga mengatakan, setelah para pedagang meninggalkan tempat  itu, satu-persatu stan mengalami kerusakan. Yang paling parah kondisi atap yang jebol sehingga saat hujan turun dipastikan akan tergenang air.

Melihat kondisi itu, hingga kini tidak ada perbaikan yang dilakukan. Padahal, para penyewa sudah mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk menyewa stan itu yang mencapai jutaan rupiah pertahun.

"Saat ini hanya ada empat stan yang disewa pedagang, dan kemungkinan bisa berkurang," lanjutnya.

Sulastri, warga yang lain mengatakan, bangunan yang didirikan di atas parit itu sebenarnya berada di pusat kota Ponorogo. Yang mungkin saat dibangun waktu itu, diharapkan menjadi pusat dagang bagi masyarakat. Namun karena jalan masuknya sangat kecil dan tidak terlihat, membuat para pedagang sepi pengunjung.

"Saya berharap agar stan yang telah dibangun diperbaiki dan disewakan dengan harga yang lebih murah," harapnya. (*)

Tidak ada komentar: