Rabu, 02 Februari 2011

Gawat, Alumni Gontor ada di Mesir

Oleh : Muh Nurcholis | 01-Feb-2011, 23:10:27 WIB

KabarIndonesia - Ponorogo, Kabar mengejutkan datang dari Mesir. ternyata banyak WNI yang masih terkepung di Mesir.

Bahkan sedikitnya 500 alumni Pondok Modern Darussalam, Gontor, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, yang menjadi mahasiswa di Mesir belum bisa kembali ke Indonesia.

"Mereka rata-rata kuliah S-1, S-2, dan S-3 di Universitas Al Azhar Kairo," kata Pembantu Rektor Bidang Kerjasama Internasional Institut Studi Islam Darussalam (ISID) Gontor Amal Fathullah Zarkasyi, Selasa (1/2) tadi.

Amal menambahkan, pihaknya sempat melakukan komunikasi dengan para alumni yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor di Mesir.

"Saat demonstrasi pertama meletus, saya sempat berkomunikasi dan kondisi mereka di sana baik-baik saja. Namun sekarang sudah tidak bisa berkomunikasi lagi karena akses informasi dan telekomunikasi diblokir oleh Pemerintah Mesir," katanya.

Namun menurutnya, kondisi sekitar 500 alumni Gontor itu sampai hari ini baik-baik saja. Mereka kini terpaksa menunggu giliran untuk dipulangkan ke Indonesia dengan menggunakan pesawat.

"Belum tahu kapan bisa dipulangkan karena kapasitas pesawat tidak memungkinkan diangkut sekaligus dan harus beberapa kali rute penerbangan. Penerbangan dari Mesir ke Indonesia sekitar 10 jam," ujar Amal.

Selain faktor keamanan, Amal khawatir pasokan bahan makanan bagi masyarakat pendatang yang tinggal di sana menipis. "Toko-toko di sana memilih tutup untuk menghindari penjarahan," ucapnya.

Amal berharap pemerintah terus memonitor keamanan dan keselamatan serta pasokan bahan makanan bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di Negeri Piramid tersebut, terutama di Kairo.

"Untuk diangkut dengan pesawat kan harus menunggu beberapa hari. Mudah-mudahan persediaan bahan makanan mencukupi selama menunggu dipulangkan ke Indonesia," pungkasnya.

Tidak ada komentar: