Selasa, 01 Februari 2011

Disapu Banjir, Dua Jembatan Ponorogo Putus

Oleh : Muh Nurcholis | 01-Feb-2011, 01:17:43 WIB

 PONOROGO - Akibat hujan deras selama beberapa jam, dua jembatan putus diterjang banjir luapan air Sungai Padas. Putusnya dua jembatan di Desa Padas, Kecamatan Bungkal  itu mengakibatkan dua desa di kawasan tersebut terisolir sejak Jum'at Malam (28/1) lalu.  

"Kita tidak bisa menyeberang ke Desa sebelah. Memang ada jalan lain, tapi harus memutar jauh melalui arah Perempatan Bancar atau Perempatan Bungkal," tutur Senen, salah seorang warga Desa Bancar saat dihubungi Pewarta Hoki, Senin (31/1).

Bangunan jembatan sepanjang 20 meter itu akhirnya roboh ketika arus kuat Sungai Padas menerjangnya. Arus sungai tersebut meluap karena derasnya hujan dan banjir kiriman dari hulu di kawasan Kecamatan Bungkal bagian selatan.

Selain itu, banyaknya galian pasir oleh para pengusaha pasir di sepanjang pinggiran Sungai Padas tersebut juga mengakibatkan jembatan tidak kuat lagi. Akibatnya, tidak hanya jembatan saja yang roboh, tetapi ratusan lahan pertanian padi juga ikut terendam banjir.

"Kita berharap ada perhatian dari Pemkab Ponorogo. Karena daerah ini sudah sangat rawan. Selain itu, jembatan ini juga harus segera diperbaiki karena kami terlalu jauh kalau harus memutar," tambahnya.

Secara terpisah Camat Bungkal, Toni Soemarsono membenarkan kejadian putusnya dua jembatan di Desa Padas tersebut.

"Saat ini masyarakat dibantu anggota TNI dari Koramil Bungkal melakukan gotong royong membersihkan sampah di sekitar jembatan agar arus air lancar," terang Toni Soemarsono.

Dia menambahkan masyarakat harus selalu waspada terhadap cuaca yang tidak bersahabat saat ini.

"Kita semua harus mawas diri dan mencari solusi untuk penanganan jangka pendek dan jangka panjangnya," imbuhnya.

Hingga Selasa (1/2) kemarin, ratusan warga dua desa, Padas dan Bancar dibantu anggota TNI Koramil 0802/11 Bungkal melakukan kerja bakti gotong-royong membersihkan bekas jebolnya dua jembatan tersebut.

"Anggota TNI dari Koramil 0802/11 Bungkal terus membantu beberapa lokasi bencana alam di Kecamatan Bungkal, seperti di Desa Bancar dan Desa Bedikulon," pungkas Lettu Inf. Harto selaku Danramil 0802/11 Bungkal. (MUH NURCHOLIS)

Tidak ada komentar: